Fungsi Deaerator pada Boiler

Deaerator pada boiler mempunyai 3 (tiga) fungsi antara lain ;
Pertama. Fungsi utamanya adalah untuk melepaskan gas yang tidak dapat terkondensasi dari air umpan boiler (feed water boiler).
Kedua. untuk memanaskan make-up water dan air kondensat sebelum masuk ke dalam boiler, tujuannya agar tidak terjadi thermal shock pada saat mengirimkan air umpan ke boiler.
Ketiga. Untuk menampung atau menyimpan air dalam volume tertentu sehingga dapat mensuplai kebutuhan air pada boiler.

Untuk Gas yang tidak dapat terkondensasi pada air umpan boiler, ada dua gas yang sangat merugikan untuk boiler, yaitu Oksigen dan karbon dioksida, dua gas ini berada di dalam feedwater boiler sebagai gas terlarut dan sangat merugikan untuk boiler itu sendiri jika digunakan sebagai air umpan boiler.

Kandungan Oksigen di dalam air umpan boiler (feed water boiler) dapat menyebabkan korosi, dan karbon dioksida dapat menyebabkan air lebih asam (lower PH) dan ini juga dapat menyebabkan korosi.

Sehingga untuk melindungi boiler dan komponen-komponen di dalamnya maka kita perlu menghilangkan gas Oksigen dan Karbon dioksida dari air umpan boiler.  Dan deaerator dirancang untuk menurunkan kadar oksigen di dalam air sekitar 7 ppb secara mekanik.

Cara kerja Deaerator dalam proses pelepasan oksigen dan karbon dioksida dengan menggunakan pemanasan, yang energi panasnya berasal dari uap (steam), Uap (steam) yang digunakan adalah uap (steam) bertekanan rendah, biasanya menggunakan steam buangan turbin.

Pada saat suhu air meningkat karena dialiri oleh uap (steam) kelarutan gas yang terlarut akan berkurang, artinya saat kita menaikkan suhu air, akan ada banyak oksigen dan karbon dioksida yang dibebaskan dari air.

Grafik Hubungan temperatur dan kandungan O2

Jadi kita hanya perlu menaikkan suhu air sampai mendekati suhu saturasi air / boiling point untuk menghilang Oksigen, kita tidak ingin air tersebut mendidih, karena kita ingin menyimpan air nya dalam bentuk cair. Maka dari itu suhunya dibuat dibawah 2 derajat celcius / Fahrenheit dari titik didih.

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh, Eri Hartoyo Tanggal 9 Desember 2020, Serang Banten